Pages

Selasa, 14 Februari 2012

POHON, Si Pabrik Oksigen

1. Kenapa sih pohon disebut pabrik oksigen? 
Sebab, pohon memiliki klorofil. Hmm... tau kan apa itu klorofil? Itu tuh, zat hijau daun! Hampir semua tumbuhan memiliki ini. Di siang hari, klorofil yang berada di dalam daun menyerap sinar matahari. Sinar matahari ini kemudian dimasak atau diolah menjadi makanan. Proses itu disebut fotosintesis. Nah, pada saat fotosintesis itulah, pohon menghasilkan oksigen.

2. Oksigen yang dihasilkan pohon itu kemudian akan dihirup oleh hewan dan manusia. Coba kita tarik nafas dalam-dalam. Sruuut... sruuut! Lalu pandanglah pohon-pohon yang berada disekitar kita. Pohon-pohon itulah yang berjasa memberikan oksigen gratis untuk kita.
Hitung-hitung dan pikir-pikir, deh :
1 pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari.
1 orang membutuhkan 0,5 kg oksigen per hari.
Itu berarti, 1 pohon berguna untuk bernafas 2 orang setiap hari.
Hmm, jadi menebang 1 pohon sama saja dengan menghilangkan sumber oksigen untuk 2 orang.
Bayangkan kalau semua pohon ditebang, hiyyy...
bagaimana dengan nasip makhluk hidup seperti kita?

3. Pohon bisa menyaring debu dan menyerap racun diudara. Racun itu misalnya karbondioksida (CO2) yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor.
Bayangkan ini !
1 area hutan (hampir seluas lapang sepak bola) bisa menyerap karbondioksida dari mobil yang berjalan sejauh 41.843 km (hampir 4 kali jarak antara Sabang - Merauke). Ck ck ck... boleh dibilang, hutan itu seperti penyedot debu raksasa. Penyedot debu yang akan menyerap racun dan polusi udara di muka bumi.

4. Tak hanya pohon besar saja yang bisa menghasilkan banyak oksigen. Pohon kecil pun ada yang menghasilkan oksigen dalam jumlah besar. Misalnya, rumput laut, ganggang-ganggangan, rumput, dan bambu.

5. Manfaat pohon lainnya?
Wuah, masih buaaanyak... lagi! Pohon bisa menyerap air hujan sehingga pada musim kemarau kita tidak kekeringan. Pohon bisa mengikat tanah sehingga mencegah terjadinya erosi atau tanah longsor. Pohon menjaga kesuburan tanah. Pohon merupakan tempat hidup beraneka satwa. Duuuuh... pokoknya pohon itu saaangat... berjasa! Karena itu, sudah saatnya deh, kita balas kebaikan pohon. Caranya, sayangi pohon dengan melindungi kelestariannya !

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story of Tanora Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon