Pages

Selasa, 14 Februari 2012

BERAPA USIANYA ??

Untuk mengetahui usia seseorang, kita bisa melihatnya dari tinggi, berat, dan keadaan tubuhnya. Tetapi, itu hanya perkiraan saja. Untuk mengetahui lebih tepat berapa usianya, tentu saja kita harus bertanya.
Sekarang, bagaimana kalau kita ingin mengetahui usia tumbuh-tumbuhan atau hewan? Karena mereka tak dapat berbicara, tentu kita tak dapat menanyainya, bukan? Jadi bagaimana dong? Untuk mengetahui usia mereka, kita bisa melihatnya dari lingkar batangnya, sisiknya, tanduknya, rumahnya atau giginya. Yuk kita lihat satu persatu!

Lingkar Batang
Untuk mengetahui usia sebatang pohon kayu, kita harus memotong batangnya terlebih dahulu. Dari penampang batang itu terlihat lingkaran berlapis-lapis yang warnanya makin tengah makin tua. Nah, jumlah lingkaran itulah yang menjadi patokan usianya. Mengapa begitu?
Ketika sebatang pohon membesar, lapisan kayu yang baru, tumbuh dibagian terluar batang kayunya. Lapisan kayu itu warnanya lebih muda dari lapisan sebelumnya dan tumbuh setiap tahun. Itulan sebabnya lingkaran lapisan kayu bisa dijadikan patokan usia sebatang pohon berkayu.

Tanduk
Untuk mengetahui usia seekor domba, kita bisa melihat dari tanduknya. Tanduk domba merupakan rangkaian tanduk yang makin ujung makin kecil, hingga bentuk tanduk itu menjadi lancip.
Sama seperti lingkaran kayu, cincin tanduk itu tumbuh setiap tahun. Jadi jumlahnya bisa dijadikan patokan usia.


Sisik
Bila kamu menangkap ikan, lihatlah sisiknya. Pada sisik itu terlihat lingkaran berlapis-lapis. Lingkaran itu tumbuh setiap tahun. Mengapa tumbuh? Sisik bertanbah besar, agar ukurannya sesuai dengan tubuh ikan yang bertambah besar. Nah, dari jumlah lingkaran itulah kita bisa mengetahui usia seekor ikan.


Rumah
Sama seperti sisik ikan, rumah kerang mutiara juga mempunyai lingkaran berlapis-lapis. Lingkaran itu juga tumbuh setahun sekali untuk memperbesar ukuran. Jadi dari jumlah lingkaran pada rumahnya, kita bisa mengetahui berapa usia seekor kerang mutiara.


Gigi
Kuda lahir tanpa gigi. Baru pada usia 4 bulan ia mempunyai 4 pasang gigi seri. Pada usia 1 tahun gigi serinya bertambah hingga berjumlah 6 pasang. Pada usia 5 tahun kuda sudah mempunyai gigi lengkap, yaitu 12 pasang gigi seri dan 6 pasang geraham. Setelah berusia 5 tahun, pada kuda jantan tumbuh 4 buah gigi lagi, sedangkan pada kuda betina tidak. Dengan demikian jumlah gigi pada kuda jantan sebanyak 40 buah, sedangkan pada kuda betina 36 buah. Pada usia 8 tahun, permukaan dasar gigi serinya yang kasar hingga permukaan gigi itu berubah menjadi licin. Pada saat itulah seekor kuda dapat dikatakan sudah dewasa.
Nah, karena ada patokan usia pada pertumbuhan gigi kuda maka usia kuda dapat dilihat dari giginya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story of Tanora Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon