Pages

Minggu, 05 Februari 2012

DINOSAURUS

Dinosaurus adalah reptile yang pernah menghuni planet bumi selama ratusan juta tahun. Mereka muncul pada Zaman Trias, sekitar 225 – 180 juta tahun yang lalu. Dalam waktu 100 juta tahun, jenis binatang purba ini berkembang biak cukup pesat. Menjelang akhir Zaman Kapur, sekitar 135 – 170 tahun yang lalu binatang ini punah.
Tak ada manusia lagi yang dapat menyaksikan jenis binatang raksasa ini berkeliaran di hutan-hutan atau berendam di danau-danau. Tinggal fosil sisa-sisa hidup mereka saja yang bisa ditemukan dan dapat dilihat di museum.
Jenis-jenis dinosaurus :

ALLOSAURUS, adalah jenis dinosaurus buas pemakan daging. Ia hidup sekitar 145 juta tahun silam. Panjangnya mencapai 12 m. ia berjalan dengan tungkai belakang. Tungkai depannya pendek dan mempunyai 3 cakar melengkung utuk menyerang binatang lain. Bila giginya patah akan segera tumbuh gigi baru sehingga Allosaurus tak bisa ompong.


APATOSAURUS, adalah jenis dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan. Ia hidup 145 juta  tahun yang lalu. Panjangnya 21 m dan beratnya 32 ton. Kepalanya kecel, leher dan ekornya panjang. Lucu ya! Ekornya yang panjang itu selain digunakan sebagai senjata kalau berkelahi sekaligus untuk mengimbangi lehernya yang panjang.

STEGOSAURUS, adalah jenis dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan. Ia hidup sekitar 145 juta tahun yang lalu. Panjangnya 6 m. Punggungnya tinggi melengkung dan kepalanya kecil. Terdapat lempengan tulang yang berderetan di punggungnya itu selain dapat memberi perlindungan juga untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Pada ekornya terdapat duri-duri tulang ynag runcing dan merupakan senjata bagi bintang ini.


TRICERATOPS, adalah jenis dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuh an. Ia hidup sekitar 66 juta tahun silam. Binatang ini memiliki gelambir tulang diseputar leher dan memiliki cula besar. Cula dan gelambir ini berguna untuk mempertahankan diri. Culanya, yang dua terletak diatas matanya dan sebuah lagi diatas lubang hidung.

 TYRANNOSAURUS, adalah jenis dinosaurus pemakan daging. Ia hidup sekitar 66 juta tahun silam. Panjangnya mencapai 15 m dan kalau berdiri tingginya 6 m. tungkai belakangnya besar, dan cakarnya berbahaya. Anehnya, tungkai depannya hampir tak berguna. Mulutnya menganga lebar dan penuh gigi tajam yang panjangnya hamper 15 cm. dengan gigi-giginya ini, ia membunuh dengan cepat dan melahap mangsanya.
DEMETRODON, adalah jenis dinosaurus pemakan daging. Ia hidu p sekitar 270 tahun yang lalu. Panjangnya mencapai 3 m. Giginya seperti belati, berguna untuk membunuh mangsanya. Ciri khas binatang ini adalah adanya jengger yang mirip layer disepanjang punggungnya.

 PACHYCEPHALOSAURUS, adalah jenis dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan. Ia hidup sekitar 75 juta tahun yang lalu. Ciri khas binatang ini adalah mempunyai tulang batok kepala yang menonjol. Gunanya untuk menubruk lawan sewaktu berkelahi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story of Tanora Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon